Sejak tahun 2001 telah dirintis oleh DP3M Ditjen Dikti; Program Kreativitas Maha­siswa (PKM) yang mengintegrasikan pengelolaan program kemahasiswaan, kegiatan pen­didikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan partisipasi aktif mahasiswa.

Misi PKM adalah mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berdasarkan penguasaan sains dan teknologi.

Sedangkan tujuan PKM adalah mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin yang mandiri dan arif, memberikan peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu masing-masing.

Ruang lingkup PKM meliputi lima jenis kegiatan yaitu, penelitian, penerapan tekno­logi, kewira­usahaan, pengabdian kepada masyarakat dan penulisan ilmiah.

Peserta PKM terbuka untuk seluruh mahasiswa baik program Diploma maupun pro­gram Sarjana, perorangan maupun kelompok dengan satu orang dosen pendamping.

Tim PKM yang lolos seleksi akan dimonitor dan dievaluasi oleh tim dari Dikti selama kegiatan, dan yang dinyatakan berhasil sebagai finalis akan diundang presentasi pada PIMNAS untuk memperebutkan kejuaraan PKM tingkat nasional. Proses pelatihan dan penyusunan proposal di universitas dilaksanakan sekitar bulan Maret – September, dan pada bulan Oktober pro­posal tersebut dikirim ke DP2M Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta untuk dise­leksi. Setiap proposal yang dinyatakan lolos seleksi Dikti mendapat pendanaan setinggi-tingginya Rp 12.500.000,00.